4 Barang Branded yang bisa Dijadikan Investasi Jangka Panjang

 barang branded atau mewah masih sering dilihat sebatas membuang-buang uang. Pasalnya, uang dengan nominal fantastis itu digunakan untuk membeli barang yang sebenarnya bisa didapatkan dengan harga lebih murah. Belum lagi kalau bentuk barangnya cenderung nyeleneh dan nggak terkesan wah.

demikian bisa saja membuat orang yang baru pertama kali berniat membeli barang mewah jadi mengurungkan niatnya karena takut nggak worth it. Padahal, uangmu nggak akan terkuras sia-sia kalau mampu memilih barang yang sesuai kebutuhan. Barang mewah juga bisa dijadikan investasi jangka panjang karena nilainya cenderung bertambah dari tahun ke tahun. Semakin lama kamu punya barang itu, semakin besar peluangmu untuk meraup keuntungan lebih dari uang yang kamu keluarkan saat awal membeli.

 

Namun, nggak semua barang mewah bisa mendatangkan cuan seperti itu. Berikut adalah 5 jenis barang  barang mewah yang layak untuk dijadikan investasi.

 

 

1. Hand bag

Tas menjadi salah satu barang mewah yang paling banyak dipakai orang. Namun, nggak semua merek tas mewah bisa kamu jadikan investasi. Tas-tas yang dirancang desainer dari merek kenamaan dunia seperti Hermès, Chanel, dan Luis Vuitton adalah beberapa di antaranya. Pasalnya, merek tersebut punya koleksi tas yang diproduksi terbatas bahkan hanya dijual ke kalangan tertentu. Kesan prestisius dan eksklusif itu yang membuat harga tas-tas ini meningkat tajam dari tahun ke tahun.

tas Hermès Himalayan Birkin Bag dengan hiasan emas dan berlian terjual seharga $372.600 atau sekitar Rp5 miliar. Harga fantastis itu disebabkan oleh jumlah stok terbatas yang hanya 12000 per tahunnya sehingga membuat harganya meningkat 14% per tahun.

Chanel Medium Classic Flap Bag juga menunjukkan tren serupa. Pertama kali dirilis tahun 1955, tas ikonik Chanel ini dibanderol seharga $220 atau sekitar Rp3,2 juta dan tahun 2021 harga tersebut meningkat tajam menjadi $8800 atau sekitar Rp127 juta. Selama lima tahun dari 2010 sampai 2015, harga tas klasik ini meningkat 71,9 persen.

 

 

2. Perhiasan

elalu ada kisah menarik di balik pembuatan barang mewah yang patut kamu jadikan investasi. Justru seringnya, cerita itu yang menambah kesan mahal dan berharga sehingga harganya nggak pernah turun. Seperti  perhiasan gelang Cartier Love Bracelet satu ini.

Adalah Aldo Cipullo seorang desainer  perhiasan asal Italia yang mendesainnya tahun 1969. Gelang tersebut dijadikan sebagai simbol cinta abadi. Bahkan, butuh obeng khusus untuk melepas pengaitnya. Awalnya, Cartier Love Bracelet hanya bisa dibeli sebagai hadiah untuk seseorang.

CEO Magazine menuliskan Cartier Love Bracelet dibanderol seharga $250 atau sekitar Rp3,6 juta saat awal diluncurkan. Sekarang, harga gelang ini berkisar antara $1.600 atau sekitar Rp23 juta sampai $50.000 atau sekitar Rp725 juta tergantung bahan yang digunakan.

 

 

3. Jam tangan

Familiar dengan merek Rolex? Ya, itu adalah salah satu jam tangan mewah yang digandrungi bukan hanya karena kualitasnya, tapi juga karena kemampuannya untuk menghasilkan keuntungan investasi di masa depan. Mayoritas jam tangan Rolex mengalami kenaikan harga sekitar 10 persen atau lebih dalam setahun.

Bahkan, untuk edisi terbatas Rolex Batman yang awalnya senilai $8000 atau sekitar Rp116 juta, nilainya naik berkali-kali lipat menjadi $14000 atau sekitar Rp203 juta dalam dua tahun.

 

 

4. Mobil klasik

Semakin lama dipakai, mesin mobil akan turun performanya. Kemudian mobil akan diantar ke bengkel untuk pemeliharaan dan perbaikan. Mesin yang kurang bertenaga akan menurunkan harga mobil biasa. Sebaliknya, perbaikan demi perbaikan justru makin meningkatkan nilai mobil klasik secara signifikan.

With Vincent mencatat dalam 10 tahun terakhir, harga mobil klasik telah meningkat sebesar 404 persen. Harga barang mewah ini juga tetap meningkat bahkan selama krisis keuangan tahun 2008.

Di sisi lain, untuk mengoleksi mobil klasik memang butuh perawatan ekstra. Mulai dari garasi, biaya pemeliharaan dan juga perbaikan rutinnya.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top